Templates by BIGtheme NET

Review Ada Surga di Rumahmu

Ada Surga Di RumahmuSebuah karya terbaru dari Mizan Productions berjudul Ada Surga di Rumahmu akan tayang di bioskop-bioskop tanah air pada tanggal 2 April 2015. Digarap oleh Aditya Gumay, Ada Surga di Rumahmu merupakan sebuah film drama keluarga, tentang ridha orangtua dalam kehidupan. Sebuah drama dengan latar belakang kehidupan anak, orangtua, harapan, dan tantangan.

Ada Surga di Rumahmu mengisahkan tentang seorang anak bernama Ramadhan, yang pada masa kecilnya merupakan anak nakal dan sering menyusahkan orangtua. Dalam perjalanan hidupnya banyak kejadian-kejadian yang akhirnya membuat Ramadhan terhenyak.

Ada narasi yang menceritakan sedemikian besar kecintaan Abuya Karim ke anaknya sampai-sampai rela menyerahkan satu ginjalnya untuk Ust. Athar dengan imbalan agar nama Ramadhan selalu diselipkan dalam setiap doanya. Kisah ini baru diketahui Ramadhan setelah Ust. Athar yang juga adik dari Abuya Karim menceritakannya.

Ramadhan yang merupakan jebolan pesantren tetaplan anak muda dengan sebuah mimpi besar menjadi artis. Hubungannya dengan gadis cantik Kirana (Zeezee Shahab) dan Nayla (Nina Septiani) memberikan ruang ekplorasi yang sayangnya dibiarkan tak jelas. Kata Ust. Habsyi sengaja agar penasaran.

Komponen konflik yang bisa jadi bumbu menarik penyampaian pesan kurang tergarap dengan baik.

Sepertinya ingin segera dan secepat mungkin ditarik pada kesimpulan bahwa orang tua adalah surga yang paling dekat dan harus dijadikan lahan kebaikan sebaik-baiknya dengan berbakti padanya.

Film ditutup dengan antiklimaks yang kurang asyik. Ramadhan mendapat undangan dari sebuah tv untuk ceramah. Dalam ceramah di tv itu, Ramadhan bercerita tentang seorang ustad yang tidak mau mengangkat telpon dari ibunya padahal ibunya sangat merindukan kehadirannya. Ternyata itu adalah telpon terakhir sang ibu. Sang ustad merasa menyesal.

Scene berpindah ke pemandangan Ramadhan dan Nayla di tepi Sungai Musi. Nayla curhat kepada Ramadhan tentang kerinduannya kepada ibunya yang telah lama pergi. Ramadhan menghiburnya bahwa suatu saat Nayla akan menjadi surga untuk anak-anaknya. Apakah Ramadhan menjatuhkan pilihannya pada Nayla dan meninggalkan Kirana? Entah.

Para bintang utama, Husein Alatas, Nina Septiani, Zee Zee Shahab, dan Ustad Al-Habsyi menghiasi posternya. Mereka berempat digambarkan sebagai poros cerita film ini. Walau bercerita tentang kecintaan pada orang tua, sayang sekali, poster ini hanya memberi sedikit porsi kecil pada surganya Ramadhan yang menurut saya justru menjadi ruh dari film ini. Akting Budi Khairul dan Elma Theana betul-betul menjadikan film ini memiliki ruhnya.

Humor dan ceramah-ceramah dan akting Ramadhan entah mengapa mengingatkan pada penggalan hidup ust Habsyi. Jargon fifty-fifty saya dengar saat ceramah di Pesantren Babussalam Bandung. Cerita itu disebutkan oleh ustad Habsyi ketika mendapat honor ceramah pertama kali dan dibagikan kepada ibunya. Apakah novel Ada Surga di Rumahmu merupakan biografi fiksi ustad Habsy?

Yang masih juga harus diperbaiki adalah cara menyampaikan pesan-pesan agamis. Penyampaian pesan dengan medium ceramah, mengingatkan saya pada sinetron Si Entong. Mungkin para sineas harus belajar bagaimana menyampaikan pesan-pesan seperti itu kepada para sineas Iran. Coba lihat dan bandingkan dengan film The Color of Paradise atau film M like Mother.

Di luar itu, humor-humor kedua teman pesantren Ramadhan justru memberikan kesegaran khusus pada film ini. Tanpa humor-humor mereka, film ini akan menjadi sangat membosankan. Suasana kampung di pinggir Sungai Musi juga asyik dan indah. Demikian juga dialek Bahasa Palembang yang kembali mengingatkan bahwa Indonesia itu punya kekayaan suku bangsa yang luar biasa.

Di luar proses cerita dan humornya, film ini bisa memberi inspirasi dan motivasi yang sangat kuat dalam hal berbuat baik kepada orang tua. Buktinya setelah lihat film ini saya langsung memberi hadiah buat ibu saya.

Jadi nontolah pada di bioskop-bioskop kesayangan anda… jangan lupa ajak sanak kerabat agar bisa mendapatkan surga yang terdekat. Film ini akan tayang mulai tanggal 2 April 2015.

 

 

(Visited 6 times, 1 visits today)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful