Templates by BIGtheme NET

Animal 4D, Aplikasi dan Kartu Yang Keren

Ada banyak hal menarik dari kata-kata Tagore ini, “jangan membawa pohon-pohon ke dalam kelas, tetapi bawalah kelas ke bawah pohon-pohon.” Hal pertama yang saya pahami, adalah pembelajaran harus nyaman, senyaman duduk di bawah pohon yang rindang. Kedua, sering kali murid mendapatkan data yang kering dan gersang dari buku-buku. Hal itu membuat murid bosan. Bawalah ke bawah pohon memberi makna agar melakukan observasi langsung.

Ujaran Tagore ini mungkin juga mengilhami kerja dunia pendidikan. Cara umum untuk mengenal sesuatu ya dari buku. Mengenal kucing ya lihat buku. Cara kedua yaitu dengan cara multimedia. Namun cara terbaik untuk mengenalkan sesuatu adalah dengan membawanya secara riil ke hadapan kita. Jadi kalau ingin mengenalkan kucing, bawalah kucingnya. Biarkan mereka melihat, menyentuh dan mendengarnya. Bagaimana mengenalkan harimau? Bawa saja ke kebun binatang. Tapi kata bisa disentuh.

Kartu dan aplikasi android yang satu itu mungkin masuk ke tahap dua, bukan cara terbaik, namun tak kalah menyenangkan. Jika orang tua memang mencari aplikasi yang mendidik dan menarik, kartu dan aplikasi Animal 4D+ yang dibuat oleh Octagon Studio, Bandung ini bisa jadi pilihan.

Pertama kali saya mencobanya, saya dan anak saya tertawa gembira. Dari kartu hitam putih yang flat muncullah si hewan itu dengan tampilan yang menarik ketika dipadukan dengan aplikasi androidnya. Maka muncullah si monyet yang imut mengejar pisang atau kuda memakan rumput dan lebah mencari bunga. Terlihat realistis.

Kartu ini dapat dipergunakan beberapa hal seperti mengenalkan binatang, huruf atau bahasa inggris. Nama-nama hewan disusun berdasarkan alfabet dan memakai bahasa Inggris. Misalnya, ant (semut), bear (beruang), cow (sapi), dan dog (anjing). Deskripsi dan penjelasan hewan juga ditulis dalam bahasa Inggris. Mungkin kartu ini tidak menyasar masyarakat indonesia secara khusus jadi bahasa penjelasan yang dipakai adalah bahasa Inggris.

Bagi yang mau icip icip Animal 4D+  bisa diunduh gratis di Google Play Store dan Apple App Store kunjungi saja http://4d.octagon-studio.com/.

Untuk mencoba aplikasi ini spek piranti pengguna minimal bersistem operasi Android 2.2 Froyo. Gawai dengan prosesor dual core dan RAM 512 MB pun mestinya bisa menjalankan Animal 4D+, walaupun awalnya akan terasa cukup lambat.

Cara menggunakan

  • Install aplikasi Animal 4d.
  • Letakan kartu di depan kamera dengan jarak kurang lebih 1 jengkal setelah itu akan muncul gambar 4D dari kartu yang ada di depan kamera.
  • Gerakkan ponsel atau tablet itu sampai menemukan sudut pandang yang terbaik. Anda juga boleh bereksperimen dengan mengubah posisi gambar yang diarahkan ke kamera.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Comments

comments

2 comments

  1. keren
    ini cocok nih buat anak-anak yang masih belajar

    jadi kayak hologram gitu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful