Templates by BIGtheme NET

Asyiknya Nostalgia Mainan Jadul Bersama Komunitas Hong, Bandung

Waktu kecil, Anda mungkin pernah memainkan permainan jadul seperti enggrang, gobak sodor dan aneka permainan lain. Jika Anda kangen dan ingin sedikit bernostalgia dengan permainan tersebut, datanglah ke komunitas Hong di Bandung dan ikutlah bermain di sana. Dijamin seru dan asyik!

Bagi yang ingin bernostalgia dengan permainan jadul, seperti sorodot gaplok, sondah hingga enggrang, Komunitas Hong bisa jadi sebagai pelepas kerinduan anda pada permainan-permainan tradisional itu.

Hong sendiri merupakan salah satu ungkapan dalam permainan ucing-ucingan. Ketika ada lawan yang ditemukan, maka akan diucapkan dengan suara yang keras. HOOONG, yang artinya ketemu dalam bahasa Sunda.

Komunitas Hong Terletak berdekatan dengan Taman Hutan Raya Djuanda, pertama kali digagas dan didirikan oleh M. Zaini Alif, seorang Dosen Seni Rupa di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) dan juga merupakan salah seorang pecinta mainan rakyat.

Saat ini, sudah ada 250 permainan tradisional dari Sunda yang berhasil dikumpulkan di Komunitas ini. Jumlah yang sangat banyak. Saya yang lahir di Bandung saja akan sangat kesulitan menyebutkan nama permainan tradisional ini dalam 10 jari. Nah ini, ada 250 permainan! Luar biasa! Ada juga permainan tradisional dari seluruh penjuru indonesia dan bahkan dunia.

Komunitas Hong ini, memiliki tempat yang asri dan nuansa khas sunda. Ketika kita masuk, sebuah leuit akan kita temui. Dalam khazanah Sunda leuit ini adalah simbol kemakmuran. Anda juga akan menemukan sebuah halaman yang biasa dipergunakan bermain.

Kata Kang Uju, salah satu kerabat Kang Zaini, Permainan Tradisional biasanya penuh dengan gerakan dan juga memiliki filosofi mendalam untuk membentuk watak anak seperti sportif, cerdas dan tangkas. Masih dari Kang Uju, di Komunitas Hong juga anak-anak diajarkan untuk hidup selaras dengan alam.

Komunitas Hong sendiri bercita-cita untuk tetap memelihara keunggulan-keunggulan nilai dan moral dalam permainan tradisional. Rasanya akan sangat disayangkan jika permainan-permainan tradisional yang kita miliki ini sampai hilang ditelan zaman.

dimuat juga di DetikTravel

(Visited 8 times, 1 visits today)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful