Templates by BIGtheme NET

Berburu Kolostrum Sapi ke Ciherang Ciater

Yummi… Rasa susu sapi yang baru melahirkan memang beda. Lebih gurih dengan tekstur yang lembut dan yang pasti maknyus. Susu seperti itu dinamakan kolostrum. ya, KOLOSTRUM.
menurut Wikipedia, kolostrum Kolostrum adalah cairan pra-susu yang dihasilkan oleh induk mamalia dalam 0-48 jam pertama setelah melahirkan (pasca-persalinan). Artinya kolostrum itu hanya dihasilkan dua hari dari persalinan sapi.
Wah, gimana bisa dapat yang begituan?
Saya diajak oleh adik saya untuk menemui temannya di daerah Ciherang, Ciater. Lokasinya tak begitu jauh dari tempat pemandian Sari Ater.  Awalnya mau berangkat jam 12-an siang. Saya meminta setelah ashar saja, karena masih ada tugas mengajar.
Jam 4 kami berangkat berempat dengan menggunakan empat roda motor. ayooo berapa motor jadinya? yup, dua motor saja. Melewati jalan buniwangi dan menembus Lembang dan Cikole tanpa hambatan. Jalanan memang sepi dan tak banyak kendaraan.
Melewati hutan cemara di daerah cikole, kemudian disambut area perkebunan teh di dekat gerbang ke Tangkuban Parahu. Hingga sampailah di tempat tujuan. Sampai di sana sudah tersedia seliter kolostrum. Karena kehausan dan penasaran maka dua gelas kolostrum saya habiskan. aaahh segarnya. Tak lupa saya melihat-lihat kandang sapi dengan dua penghuni barunya yang lucu.
Ada beberapa orang yang suka menjual kolostrum dengan harga kisaran 50-60 ribu perliter. Cukup mahal? ah. murah saja. kan tidak bisa produksi kolostrum tiap hari.
Setelah shalat magrib, ternyata tuan rumah yang baik hati itu menyediakan makanan. Goreng ayam, tahu dan tak lupa lalaban dan sambal. Makanannya juga sangat enak. Dan sambalnya itu lho wuiiih sedap luar biasa.
Setelah Makan Pulang? yaaaa gimana lagi. Kan udah malam. Lagian jalan ke Bandung dari Ciater juga cukup sepi. Harus lewat tanjakan emen lagi ah. Akhirnya kami pamit kepada tuan rumah itu dan tak lupa pesan kalau ada kolostrum lagi agar mengabari kami.
Beberapa fakta kolostrum
1. Kolostrum mensuplai berbagai faktor kekebalan (faktor imun) dan faktor pertumbuhan pendukung kehidupan dengan kombinasi zat gizi (nutrien) yang sempurna untuk menjamin kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan kesehatan bagi bayi yang baru lahir.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolostrum sapi (bovine colostrum) sangat mirip dengan kolostrum manusia dan merupakan suatu alternatif yang aman. Bahkan ada laporan yang menyatakan bahwa kolostrum sapi empat ratus kali lebih kaya akan faktor imun daripada kolostrum manusia.
3. Kolostrum (IgG) mengandung banyak karbohidrat, protein, dan antibodi, dan sedikit lemak.
4. Kolostrum memberi bayu nutrisi dalam konsentrasi tinggi di setiap tetesnya.
5. Kolostrum juga mengandung zat yang mempermudah bayi buang air besar pertama kali, yang disebut meconium.
6. Karakter kolostrum ini sangat bermanfaat unntuk membersihkan tubuh bayi dari bilirubin, yaitu sel darah merah yang mati yang diproduksi ketika kelahiran.
(Visited 15 times, 1 visits today)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful