Templates by BIGtheme NET

Borneo, Melihat Anggrek Terbesar dan Langka

Dalam penjelajahan di Kalimantan, tak asyik juga kalau tak menyaksikan keragaman puspa dan flora yang terdapat di bumi ini. Kalimantan menyimpan banyak keistimewaan. Alam, budaya, fauna dan tak ketinggalan adalah floranya.

Black Orchid alias Coelegyne pandurata yang langka

Saat penjelajahan ke Kalimantan, saya menyempatkan diri untuk menyambangi rumah gubernur. Rumah dinas itu cukup terbuka untuk umum dan kita tinggal minta izin untuk memasuki area depannya. Beruntung di depan halamannya terdapat green house yang menyimpan keragaman flora yang unik.

Flora yang terkenal dari Kalimantan adalah anggrek hitamnya (Coelegina pandurata). Saking terkenalnya anggrek hitam Kalimantan ini, sampai sempat dijadikan tema film holywood berjudul Anaconda. Hitamkah si Black Orchid ini?

Anggrek hitam yang hijau

Sebetulnya anggrek ini berwarna dominan hijau kekuningan namun lidah (labellum) dari anggrek ini  berwarna hitam dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu bunganya juga harum. Saya pernah diberi beberapa pohon anggrek hitam ini dan Alhamdulillah bisa tumbuh dan berbunga.

Saat ini, habitat asli anggrek hitam  mengalami penurunan jumlah yang cukup besar karena semakin menyusutnya luas hutan di Kalimantan. Tapi, jenis ini masih bisa ditemukan di cagar alam Kersik Luway, Kutai Barat dalam jumlah yang sedikit. Sayangnya saat itu saya tidak bisa melihat bunga mekarnya.

anggrek tebu berbunga

Kesedihan tak bisa melihat mekarnya anggrek hitam tergantikan dengan melihat salah satu anggrek terbesar dunia yang sedang mekar.

Anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) adalah jenis bunga anggrek terbesar dan paling berat diantara jenis-jenis bunga anggrek lainnya. Anggrek tebu berat nya dapat mencapai 1 ton dengan tinggi 3 meter dan diamater 1-2 cm. Dengan tinggi seperti itu sangat pantas Si Gramma ini disebut sebagai Bunga Anggrek Raksasa.

anggrek raksasa kekayaan bumi Borneo

Anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna coklat, merah atau merah kehitam-hitaman. Bunga anggrek tebu tahan lama dan tidak mudah layu. Meskipun telah dipotong batangnya, bunga raksasa yang super besar dan berat ini mampu bertahan 2 bulan.

Beruntung saya bisa menyaksikannya di halaman rumah gubernur, namu saya masih ingin menyaksikan mekarnya bunga-bunga langka nan terkenal itu di habitat aslinya dalam ekpedisi Borneo bersama Daihatsu Terios. Bisakah? Semoga saja.

like daihatsu

 

(Visited 24 times, 1 visits today)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful