Templates by BIGtheme NET

Curug Al Mushtafa Yang Tersembunyi di Cijapati

Di dekat Eco Spiritual Al Musthafa ada sebuah curug (Air terjun) yang saya beri nama Curug Al Musthafa. Curug itu memang agak tersembunyi dan lagi pula nama aslinya tidak saya dengan pasti. Setiap penduduk setempat ditanya mereka mereka menyebut beberapa nama. Ada yang menyebut curug Cihanjuang, ada yang menyebut curug Cijapati dan beberapa nama lainnya bahkan ada yang menyebutnya tidak tahu. Daripada bingung saya beri nama saja Curug Al Musthafa.

Jalan menuju Curug Al Musthafa Cijapati saat musim hujan

Jalan menuju Curug Al Musthafa Cijapati saat musim hujan

Curug ini terletak di kawasan milik perhutani bersebelahan dengan tanah Eco Spiritual Al Musthafa. Di sebelah atasnya bersebelahan dengan tanah penduduk yang dipergunakan untuk kebun dan sawah. Sejak lama saya mendengar adanya curug di dekat Al Musthafa, namun saat kemarau airnya sangat kecil karena dipakai oleh penduduk untuk berkebun. Namun saat musim penghujan, curah airnya sangat deras. Suara air yang terjatuh terdengar sampai ke Mesjid Al Musthafa. Suara air itulah yang kemudian menarik saya untuk mendatanginya.

Jalan terjal untuk menyaksikan bagian bawah curug

Jalan terjal untuk menyaksikan bagian bawah curug

Setelah berjalan 100 meteran menuju hulu, saya menuruni sebuah jalan setapak. Betul saja, airnya sangat deras. Warnanya coklat karena membawa tanah dari hulunya. Suara air terdengar menderu-deru. Penasaran ingin melihat ke bawah, saya menuruni sebuah jalan kecil di sebalik batu. Jalan yang sangat licin dan becek. Jalan itu adalah jalan yang dibuat pekebun untuk menuju kebun mereka. Jadi belum ada tangga atau apapun. Bagi saya, jalan seperti itu sangat menarik.

curug Al Musthafa cijapati

Ada gemuruh di balik rerimbunan itu

Setelah melompat-lompa melewati bedengan kebun, saya menemukan air terjun berundak-undak. Tingginya mungkin 25 meteran. Saya agak kesulitan menembus tempat itu karena medan yang cukup sulit dan banyaknya semak belukar. Akhirnya saya menuju ke bagian bawah yang sudah dibuka. Air berwarna coklat keruh mengalir deras dari atas. Mengalir melewati undak-undakan yang sangat banyak. Kontur berbukit di daerah itu memang memungkinkan ada banyaknya undakan yang membentuk curugan air.

Bagian bawah undakan Curug Al Musthafa Cijapati

Bagian bawah undakan Curug Al Musthafa Cijapati

Curug ini indah sekali saat air mengalir deras ataupun tidak. Saat air tidak sederas sekarang, kita bisa melihat susunan batu besar tumpang menumpang. Saya sih suka dengan kondisi seperti ini. Sepi, asri relative masih bersih. Tapi jangan mencebur di situ ya… soalnya bagian hulunya selain banyak rumah penduduk, juga banyak sawah dan kebunnya. Penggunaan obat-obatan tanaman masih umum digunakan. Saya yakin obat-obatan itu juga terbawa oleh aliran air ini. Jadi nikmati saja keindahannya dulu.

Curug Al Musthafa Cijapati saat kemarau

Curug Al Musthafa Cijapati saat kemarau

Karena keindahnya, wajar jika kemudian pihak desa mencanangkan tempat itu sebagai tujuan wisata. Untuk tujuan itu, pihak desa sudah memperbaiki jalan dan membuat persinggahan di bagian hilir. Jika kita lewat dari arah Cikancung menuju Eco Spirtual Al Musthafa, persinggahan itu akan dilewati. Hari liburan adalah hari yang cukup ramai dikunjungi. Namun dari persinggahan ini menuju Curug Al Musthafa masihlah jauh.

Aksesibiltas

Curug ini lebih mudah diakses dari jalur Cijapati. Setelah melewati SD Ciheuleut, masuklah ke arah kiri (kalau ke kanan menuju Garut). Jalanlah hingga 100 meter lalu belok kanan dan ikuti jalan hingga sampai ke Eco Spiritual Al Musthafa.

12798857_10206941517671000_7697086619460444256_nKonsdisi jalan dari arah sini buruk dan licin pada saat hujan. Batu-batu kali yang tajam ikut menambah licinnya jalan. Makanya kalau mau ke sini jangan pakai mobil sedan. Dengar dengar sih bulan 7 tahun 2016 ini akan ada pengaspalan dan disambungkan dengan jalur Cikancung yang sudah lebih dulu diaspal.

Bawalah perbekalan sendiri dan juga plastic untuk sampah. Taka da warung yang berjualan di sini dan juga tak ada petugas kebersihan. Jadi nikmatilah alamnya dan jangan merusak walaupun dengan sehelai plastik.

Curug Al Musthafa Cijapati

Curug Al Musthafa Cijapati

(Visited 34 times, 1 visits today)

Comments

comments

3 comments

  1. Wah… kalau ke Curug harus sabar mengikuti jalan yang taks elalu mudah dilalui ya. heheh

  2. 25 m .. lumayan tinggi curugnya …
    curug yang belum terkenal begini asyikk untuk di explore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful