Templates by BIGtheme NET

Hebohnya Festival Agustusan di Kampung Ciburial

Peringatan 17 Agustus adalah momen yang sering membuat kita kangen kampung halaman. Kemeriahan HUT RI selalu ada bedanya di setiap kota. Di Desa Ciburial, Bandung Utara ada Festival Jampana yang sangat heboh.
Desa Ciburial sendiri ditetapkan sebagai desa wisata pada tahun 2011, berdasar SK Nomor 556.42/Kep.71-Dispopar/2011 tentang Penetapan Desa Wisata di Wilayah Kabupaten Bandung. Kembali pada keunikan perayaan Agustusan. Selain mengadakan perlombaan-perlombaan yang umumnya diadakan untuk menyemarakan Hari Kemerdekaan itu, suasana meriah akan berlangsung pada saat upacara 17 Agustus.
Sudah menjadi tradisi bahwa peringatan Hari Kemerdekaan itu akan dilengkapi dengan atraksi seni, budaya dan juga hantaran 17-an. Hantaran itu disebut Jampana oleh orang kampung. Jampana adalah semacam hantaran yang ditandu dan berisi macam-macam hasil bumi.
Menurut salah satu sesepuh di Ciburial, awalnya Jampana diniatkan untuk menunjukan rasa syukur atas kesuburan dan kemakmuran desa dan tiap desa akan membawa hasil bumi terbaiknya ke perayaan Agustusan itu. Sekarang, Jampana itu selain berisi untuk bersyukur dan menunjukan kekayaan alam, juga dijadikan ajang kreasi seni bagi para penduduk. Oleh karena itu, isi Jampana sekarang tidak melulu sayuran saja.
Dulu, bentuk dan isi dari Jampana diserahkan kepada RT dan RW setempat. Akhir-akhir ini, pihak desa sudah memberikan tema pada tiap agustusan. Jadinya berwujud pada Jampana tematik.
Dari tema itulah kemudian para pemuda berlomba kreasi pada Jampananya. Umumnya berkreasi dengan sayuran dan buah-buahan. Dari sayuran mereka membuat rumah-rumah, miniatur kebun, perahu dan lain-lain. Ada juga yang berkreasi dengan barang bekas membuat orangutan, ornamen perjuangan, miniatur masjid dan sebuah miniatur helikopter atau tank, lengkap dengan sound system lagu-lagu dangdut nan rancak dan heboh.
Jampana-jampana itu akan dibawa ke Balai Desa Ciburial dengan arak-arakan yang meriah. Berbagai bentuk dan kreasi akan bisa disaksikan pada pesta kemerdekaan itu. Jampana terbaik dari sisi tema dan eksekusi akan mendapatkan penghargaan dari kepala desa.
Sebuah prestise tersendiri mendapatkan penghargaan sebagai Jampana terbaik. Itu kehebohan pertama, setelah jampana-jampana itu dinilai, maka kemudian, giliran rakyat untuk berebut berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang dipakai sebagai hiasan.
Setelah ada aba-aba, Jampana pun langsung diperebutkan. Maka, seperti tsunami, semua warga Desa Ciburial berebut dan berebut. Itulah kehebohan kedua.
Sayangnya, karena ini adalah perebutan, maka banyak juga yang tidak kebagian. Juga banyak sayuran yang kemudian jatuh dan terinjak-injak tak termanfaatkan. Nah bagian ini bagian kebersihan yang harus heboh membersihkan arena perebutan.
Mau menyaksikan hebohnya rebutan Jampana? Datanglah ke Desa Ciburial, kampung halamanku yang indah pada tanggal 17 Agustus mendatang. Dijamin, suasananya akan heboh dan Anda akan terhibur karena keseruan acaranya.
Dimuat juga di detikTravel Community
(Visited 4 times, 1 visits today)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful