Templates by BIGtheme NET

Ke Mesjid Quba? Jangan lupa kunjungi museum ini

[easy-image-collage id=1263]

Saat anda sedang berziarah di kota Madinah, mesjid Quba menjadi salah satu tempat yang mesti dikunjungi. Inilah mesjid yang pertama dibangun sebelum masuk ke Madinah.

Saat hijrah, Rasulullah saw tidak pergi bersama keluarganya yang lain. Untuk membawa keluarganya, Rasulullah mempercayakannya kepada Imam Ali as. Nah semasa menunggu rombongan keluarganya itulah Rasulullah menunggu di Quba ini.

Selain itu, Quba juga mendapat keistimewaan dari Rasulullah manakala penduduk Madinah mengeluh karena tidak seperti orang Mekah yang bisa melaksanakan umroh dan thawaf kapan saja mereka mau. Untuk mengobati kegundahan sahabatnya Rasul mengatakan, Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang bersuci dari rumahnya, kemudian datang ke Masjid Quba, lalu shalat dua rakaat maka baginya pahala sebagaimana ganjaran umrah.” (HR Tirmidzi).

Tahun 2013 saya mengunjungi Quba, saya mendapati sebuah museum di sampingnya. Dulu tempat itu adalah toko kurma serta oleh-oleh haji. Saat melihat ada museum, saya senang luar biasa. Soalnya di tengah gencarnya pemerintah Saudi menghilangkan situs-situs peninggalan Rasulullah, ada sedikit tempat yang bisa mengobati kesedihan itu.

101_3035Museum ini tidak terlalu besar. Cukup dinikmati 30 menit hingga 1 jam saja. Isinya sebetulnya lebih banyak foto-foto dan penjelasan-penjelasan tentang kondisi madinah dari zaman sebelum Nabi hingga kini. Tak ada peninggalan-peninggalan bersejarah yang dipajang di sini.

Yang menarik adalah maket madinah pada zaman Turki Utsmani. Dari maket itu, kita bisa menggambarkan madinah yang lebih jadul dan bersahaja ketimbang saat ini yang digerus kapitalisme dan materialisme. Melihat maket itu juga kita dapat membayangkan rencana besar pemerintahan Turki Utsmani terhadap kota ini.

Salah satunya adalah rencana dihubungkannya Madinah dengan Istambul melalui jalur kereta api. Rencana ini tidak berhasil karena Turki Utsmani keburu runtuh akibat persekongkolan Inggris dan kaum pemberontak yang kemudian berkuasa di Saudi.

Saya berharap pemerintah saudi membangun lebih banyak pusat budaya dan museum-museum agar ummat tidak buta dengan sejarah Islam yang panjang. Mumpung mereka sedang ada di kota Madinah, mengapa tak dipakai kesempatan untuk mengajarkan sejarah?

101_3020

(Visited 30 times, 1 visits today)

Comments

comments

4 comments

  1. Subhanallah kapan saya bisa ke Madinah, trims infonya ya

  2. masyaallah wah sennags ekali pak mampir ke sini jadi nambah kangen bisa jalan sampe tanah suci pak mantap pak muchtar… trima aksih sharingnya bakal kangen mampir ke sini nih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful