Templates by BIGtheme NET

Kompasiana-Pertamina Blog Competition: Membincang Gas Elpiji Non-Subsidi

Kompasianer tentu masih ingat tentang konversi dari minyak tanah ke gas yang digalakkan beberapa tahun lalu. Untuk itu, pemerintah telah memberikan kompor gas + tabung gas elpiji 3 kg beserta isinya gratis kepada masyarakat. Hingga kini, elpiji 3 kg dipakai oleh sebagian besar masyarakat. Harganya memang terjangkau karena mendapat subsidi dari pemerintah. Selain kemasan 3 kg, Pertamina juga menjual gas elpiji 12 kg. Gas elpiji 12 kg ini tidak mendapat subsidi dari pemerintah. Konsumennya hanya 15% dari keseluruhan konsumen gas elpiji di Indonesia dan mereka adalah masyarakat kelas menengah.
Nah, sekarang ini Pertamina berencana menyesuaikan harga gas elpiji 12 kg. Seharusnya penyesuaian dilakukan pada 1 Juli 2014. Berhubung ada momen Hari Raya Idul Fitri dan tahun ajaran baru, penyesuaian itu pun ditunda agar tidak semakin memberatkan beban masyarakat. Jika jadi dilakukan, penyesuaian gas elpiji 12 kg ini merupakan yang kedua selama 2014 ini—yang pertama terjadi pada Januari 2014. Selanjutnya, penyesuaian gas elpiji 12 kg akan diberlakukan setiap enam bulan sekali mulai 2014 hingga 2016. Sebelumnya, sejak 2009 tidak pernah ada penyesuaian harga gas elpiji 12 kg.
Mengenai dampaknya, pihak Bank Indonesia sudah memperkirakan penyesuaian tersebut tidak akan berpengaruh secara signifikan terhadap inflasi. Pertamina pun menjamin tidak akan adanya migrasi konsumsi gas elpiji dari yang 12 kg ke 3 kg. Pasalnya, Pertamina memiliki data seluruh agen distributor dan sistem monitoring-nya. Jika kemudian ada lonjakan permintaan akan gas elpiji 3 kg, Pertamina tidak akan memenuhinya.

Dalam membuat kebijakan, sebenarnya Pertamina tidak semena-mena karena terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan Kemenko Perekonomian. Kenaikan harga ini pun direncanakan sebagai revisi atas kerugian sebesar Rp 2,81 triliun yang diderita Pertamina selama semester pertama tahun ini. Jika harga tidak dinaikkan, Pertamina akan menderita kerugian sebesar Rp 5 triliun dalam setahun.

Nah, setelah membincangkan elpiji non-subsidi pada Jumat (29/8) dalam Kompasiana Nangkring bersama Pertamina, tentu Kompasianer sudah mendapatkan suntikan pengetahuan tentang gas elpiji non-subsidi. Kini saatnya bagi Anda menuliskannya untuk Kompasiana – Pertamina blog competition. Berikut ini rincian lombanya.

Syarat dan Ketentuan Lomba
Peserta terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silahkan Anda registrasi dahulu di sini.

Peserta sudah terverifikasi, belum terverifikasi? Verifikasi di sini.

Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain.

Tulisan berupa reportase atau opini (BUKAN karya fiksi).

Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana.

Dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan sesuai dengan aturan jeda tayang Kompasiana.

Mekanisme Lomba
Tema Lomba: Membincangkan elpiji non-subsidi

Peserta wajib mencantumkan tag: elpijinonsubsididan elpiji12kg dalam tiap tulisan (tag ditulis tanpa tanda kutip).

Periode lomba akan berlangsung dari tanggal 4 – 18 September 2014

Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba tidak bisa diikutkan lomba.

Pengumuman pemenang akan diumumkan 2 minggu setelah periode lomba berakhir.

Hadiah
Pemenang I: iPad Air 32gb + Tour + Visit ke Pengisian Elpiji di Bali + uang saku

Pemenang II: Sony Mirrorless Camera + Tour + Visit ke Pengisian Elpiji di Bali + uang saku

Pemenang III: iPod Touch + Tour + Visit ke Pengisian Elpiji di Bali + uang saku

7 Pemenang favorit akan mendapatkan paket Tour + Visit ke Pengisian Elpiji di Bali + uang saku

Agenda Tour & Visit Bali:

Waktu keberangkatan tour: 2-4 Oktober 2014 (jika terpilih sebagai pemenang, mohon dipersiapkan waktu untuk menikmati perjalanan ke Bali)

Akomodasi dan trasportasi serta uang saku akan disediakan oleh pihak PT. Pertamina

Mengenai itinerary akan diinformasikan selanjutnya oleh pihak PT. Pertamina

Kami tunggu keikutsertaan Anda. Selamat berkompetisi! (NUR)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful