Templates by BIGtheme NET

Memanfaatkan lahan

“Jangan biarkan sejengkal tanahpun tak menghasilkan” kata bapak saya mengutip Natsir. Saya mencoba menerjemahkannya dalam urban farming. Urban farming merupakan aktivitas pertanian di dalam atau di sekitar kota yang melibatkan ketrampilan, keahlian dan inovasi dalam budidaya dan pengolahan makanan.

Konsep urban farming adalah memanfaatkan lahan tidur di perkotaan yang dikonversi menjadi lahan pertanian produktif hijau yang dilakukan oleh masyarakat dan komunitas sehingga dapat memberikan manfaat bagi mereka.
Nah untuk kegiatan berkebun, saya menggunakan lahan kosong di rumah yang awalnya tak terpikirkan dimanfaatkan. Dak kosong di sebelah tempat belajar saya ubah menjadi lahan berkebun yang manfaatnya sudah terasa. Dengan menggunakan teknik hidroponik saya menanam kangkung, bayam dan seledri. Sekarang sedang perbanyakan straberry yang nanti akan menjadi pengganti tanaman di dak itu. Dengan teknik hidroponik ini saya rasa tak ada lagi lahan yang tak bisa dimanfaatkan. Setelah itu berjalan, saya malah terpikir untuk membuat beberapa tingkat. dengan demikian lahan yang tadinya tak termanfaatkan bisa mendatangkan manfaat yang berlipat-lipat.
Teknik vertikultur juga saya pergunakan untuk menanam sayuran. Dengan menggunakan bahan yang murah bisa mendapatkan sayuran yang sehat, segar dan terbebas dari pestida. Bahan yang digunakanpun adalah bahan yang murah.
Untuk anggrek saya menggunakan ram kawat yang sudah tidak digunakan lagi. Saya juga membuat pot sa

yuran dari botol-botol bekas yang disusun seperti tower. Beberapa kali saya memergoki orang yang lewat di depan rumah memfoto pot dari botol bekas itu. mungkin menjadi inspirasi mereka. Senang sekali rasanya pekerjaan kita bisa memberikan manfaat. Penggunaan botol bekas juga saya aplikasikan di pot-pot yang saya susun di pinggir jalan.

Sekarang ini saya sedang berpikir untuk membuat tempat tanaman di atas selokan. Sayang sekali kan kalau tak dimanfaatkan. Saya membayangkan, jika di atas selokan sepanjang 30 meter itu ditanami sayuran tentu saja sangat asri.
(Visited 17 times, 1 visits today)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful