Templates by BIGtheme NET

Menaklukkan Eksotisme Borneo

Di tempat prasasti pembangunan kota Palangka Raya

Menaklukan eksotisme Borneo dimulai dengan telepon “Kang, harus jadi ya, tiketnya sudah saya pesankan. Nanti kita ketemu di Palangka saja” Kata Rizka, sahabat saya. Saya mengiyakan. Tanggal 10 Februari 2012 kami bertemu di Palangka Raya. Saya berangkat dari Jakarta dan dia dari Surabaya. Pesawat saya lebih dahulu tiba, dan di Bandara Tjilik Riwut, Sahabatku yang lain Hasan Ath Thorik sudah menunggu. Dan pagi itu saya menjejakan kaki untuk menaklukan Borneo yang Eksotis.

Setelah kami berkumpul semua, Hasan membawa kami ke sebuah perguruan Muhammadiyah di Kota Palangka Raya. Kebetulan memang hari itu hari Jum’at jadi kami menunaikan shalat dulu. Setelah Jum’at tibalah saatnya menikmati hidangan khas kota itu. Ikan bakar yang lezat di sebuah pasar menjadi hidangan pertama di kota ini.

Rizka di prasasti kota Palangka Raya

Menurut berbagai catatan sejarah kota inilah yang sedianya akan dijadikan sebagai ibu kota Republik Indonesia. Saat itu, Presiden Sukarno, memang berencana memisahkan pusat pemerintahan dan pusat ekonomi. Dan Sukarno memilih kota ini untuk pusat pemerintahan. Maka atas perintah Sukarno juga kota ini dibangun.

Ada beberapa hal yang menjadi kesan pertama saya. Pertama, jalan-jalan di kota ini lumayan lebar dan bagus. Sepertinya tak terlalu rumit juga untuk dihapal. Saya ingat betul ke mana pun tujuannya selalu lewat di depan bundaran rumah dinas gubernur. Saking seringnya lewat di depan rumah dinas itu saya bercanda sama Hasan. “Sepertinya jalan di sini ini Cuma satu” kata saya. Hasan menjawab, “Memangnya kenapa?”. “Soalnya ke manapun tujuan kita, selalu lewan di depan rumah gubernur ini, seperti tidak ada jalan lain saja”

Sungai Kahayan yang lebar

Kedua, Jalan di kota ini juga rata-rata lurus, sepertinya membuatnya hanya bermodalkan penggaris saja. Sepertinya menggeber Daihatsu Terios di jalan seperti ini sangat nikmat sekali.

Ketiga, ini nih yang membuat saya ternganga. Sungainya lebar-lebar bukan kepalang. Lebarnya berkali-kali lipat sungai yang ada di Bandung.

Kelotokan di Kahayan

Karena ingin menikmati sungai nan lebar itu, saya minta Hasan mencarikan kelotok agar bisa menjelajahi sungai Kahayan yang membelah kota Palangka Raya. Saya lupa entah berapa lama kami berkelotok ria di sungai Kahayan. ng jelas saya menikmatinya. Air sungai yang coklat kontras dengan langit yang biru sebiru-birunya. Menjadi pemandangan indah yang tak akan terlupakan.

Karena sungai merupakan salah satu urat transportasi di Palangka Raya, maka beberapa kali saya melihat pomp bensin di pinggir sungai. Tapi tak mudah mencari solar di kota ini. Pembatasan dan kelangkaan bensin adalah hal biasa terjadi. Mengantri berjam-jam untuk mendapatkan pasokan solar seakan menjadi penderitaan tambahan buat pulau dengan kekayaan yang berlimpah ruah ini.

Perjalanan adalah upaya memberik kepuasan pada jiwa, jadi setelah dirasa puas menikmati Sungai Kahayan kami ke tugu tempat pertama kota ini dibangung seraya berjalan ke bawah jembatan Kahayan. Jembatan kokoh itu menjadi penghubung yang vital di tempat seperti ini. Wajar saja kalau orang Kalimantan sering berseloroh, “Di sini ini sungainya banyak dan lebar-lebar, tapi jembatannya sedikit. Sementara di Jakarta, tidak ada sungai tapi jembatannya banyak sekali”.

Selorohan ini mengingatkan saya pada anekdot masa kampanye. Begini ceritanya Pada suatu hari seorang dari partai politik datang ke sebuah kampung untuk melakukan kampanye pemilihan kepala daerah.”Kita akanmembangun sebuah jembatan yang besar di kampung ini.” katanya.

Salah seorang waga di situ bertanya, “Tapi pak, di sini tidak ada sungai, buat apa membangun jembatan?” Politisi itu pun dengan senyum ramahnya menjawab,”Kalau begitu, kita akan bangun sungainya sekalian”

Jembatan sungai Kahayan

daihatsu 2

like daihatsu

(Visited 9 times, 1 visits today)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful