Templates by BIGtheme NET

Menikmati Indahnya Mural Bandung

1403911572862482312
Mural Jalan Siliwangi -dokpri
Jika kita melewati Jalan Siliwangi Bandung, maka kita akan melihat jajaran mural (lukisan dinding) menghiasi tembok sepanjang 475 meter. Lukisan-lukisan itu berpadu asri dengan rimbunnya pepohonan yang menghiasi salah satu jalan di Bandung itu. Jalan Siliwangi (dikenal juga dengan Babakan Siliwangi) merupakan jalan di dekat  kampus ITB. berpotongan dengan jalan Ir. H. Djuanda dan Jl. Tamansari.

Tahun 2003 dinding tembok di jalan Siliwangi juga pernah dilukis sehingga jalan itu enak dilihat dan lebih berwarna. Seiring berjalannya waktu, lukisan itu memudar. Beberapa dinding yang pernah mengalami jebol hanya dicat warna abu-abu.
Kini tembok sepanjang 475 meter ini kembali dilukis oleh mahasiswa dari Senirupa ITB dan Fikom Unpad. Menurut Farhan, salah seorang mahasiswa dari jurusan senirupa ITB temanya tentang sejarah  kota Bandung. Bandung baheula (jaman dulu), kini dan masa akan datang.
Pengerjaannya memakan waktu hampir 3 pekan(dimulai tanggal 15/06/2014). dimulai dari pembuatan tema, sketsa di tembok dan pengecatan. Dinding tembok sepanjang 475 dibagi menjadi 30 panel. Satu panel sepanjang 16 meter dengan tinggi 2.9 meter, dikerjakan oleh 5-10 mahasiswa.
Masing masing panel bercerita tentang kota Bandung. di bagian awal mural adalah ketika bandung masih berupa danau besar dan bagian akhir adalah harapan bandung yang metropolis, manusiawi dan ramah. beberapa fragmen kota bandung juga menghiasi panel-panel itu di antaranya Konfrensi Asia Afrika dan bandung zaman perjuangan. Beberapa landmark kota Bandung ikut mendapat perhatian seperti Gedung sate. Sekelompok mahasiswa yang saya kunjungi sedang menyelesaikan bagian bioskop pertama di Bandung.
Dengan adanya mural itu, selain keindahan kota semakin meningkat, Urang Bandung atau wisatawan bisa belajar tentang sejarah kota tercintanya sambil jalan-jalan menikmati kesegaran jalan Siliwangi yang rimbun. Namun harus tetap berhati-hati karena lalu-lintasnya juga cukup padat.
Mural Jalan Siliwangi - Dokpri
Mural Jalan Siliwangi – Dokpri
Pengerjaan Mural - Dokpri
Pengerjaan Mural – Dokpri
beberapa Fragmen Mural Siliwangi - Dokpri
beberapa Fragmen Mural Siliwangi – Dokpri
Bioskop Elita -Dokpri
Bioskop Elita -Dokpri
Bandung yang romantins
Bandung yang romantis
Bandung yang ramah - dokpri
Bandung yang ramah – dokpri
(Visited 5 times, 1 visits today)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful