Qiwii, menjadikan Ngantri Lebih Produktif

Apa yang bisa membuat tua tapi tak produktif? Macet dan ngantri. Mungkin dua jawaban itu memberikan gambaran betapa horornya dan sia sianya waktu yang terbuang. Padahal waktu adalah investasi yang tak bisa dibeli dan dikembalikan. Misalnya saya mau ke jakarta. Waktu normal Bandung Jakarta adalah 2 jam. Tapi kalau macet bisa sampai 5, 6 bahkan lebih dari itu. Menurut hitung-hitungan Tribun Tecno, jika dihitung rata-rata kemacetan per hari yang mencapai 3 jam dikalikan 23 hari kerja maka bisa diperkirakan kita  menghabiskan waktu sebanyak 69 jam selama satu bulan. Jika dikalikan selama setahun maka selama 828 jam waktu dihabiskan selama dijalan.

Demikian pula dengan ngantri. Jika orang menyebutkan hal paling membosankan adalah menunggu, ya itulah saat ngantri. Hal membosankan bisa jadi neraka bila ngantri dalam keadaan sakit. Saya pernah mengalami hal seperti itu. Saat telinga saya bermasalah, saya merujuk ke puskesmas. 2 jam saya habiskan di situ hanya untuk mendapatkan surat rujukan. Setelah mendapat surat rujukan saya segera ke rumah sakit. Ternyata dokter praktek jam 4 sore. Akhirnya saya balik dulu ke rumah sambil menanggung sakit telinga. Jam 4 saya datang ke RS. Mengambil antrian administrasi. 30 menit saya menunggu. Setelah saya mendapat antrian dokter. Butuh waktu 3 jam untuk sampai ke giliran saya. Total dari pagi hingga sore hari saya menghabiskan waktu lebih dari 5 jam hanya untuk menunggu. Padahal di dokternya tidak sampai 10 menit.

Jika waktu yang terbuang itu dikalikan dengan jumlah orang yang tak sedikit, berapa banyak waktu yang terbuang secara akumulatif? Menurut survei Qiwii, Jika diakumulasikan jumlah mengantri di Puskesmas di Bandung dengan total pengunjung sebanyak 100 sampai 200 orang per hari, maka total waktu mengantri di lebih dari 70 puskesmas di Bandung sama dengan dua tahun.

Adakah solusinya?

Orang menyebut zaman ini dengan zaman digital. Muncul beragam inovasi yang memudahkan hidup manusia. Sejatinya teknologi memang seperti itu. Saya ingat perkataan Sanny Qaddafi, founder 8Villages Indonesia, “Masyarakat Indonesia berkesempatan luas untuk membuat startup dan aplikasi digital yang bermakna”. Menurut Sanny maksud bermakna di sini adalah kemampuan menyelesaikan problem.

Termasuk dalam masalah antrian ini, Qiwii merupakan aplikasi yang bermakna. Dia mampu menyelesaikan problem yang dihadapi masyarakat yaitu problem mengantri. Inilah Aplikasi yang akan sangat membantu mengefisienkan waktu yang sangat mahal. Dengan aplikasi ini diharapkan bahwa keluhan-keluhan masyarakat bisa berkurang dengan signifikan. Bisa juga waktu yang biasanya dipakai menunggu dipergunakan untuk yang lebih produktif.

Qiwii memang diciptakan untuk memangkas waktu-waktu yang terbuang percuma saat ngantri. Qiwii merupakan aplikasi antrian secara online. Aplikasi ini dapat diterapkan pada berbagai macam kebutuhan, seperti rumah sakit, puskesmas, kantor pemerintahan, restoran, dan usaha lain yang berpotensi adanya antrian.

Dengan menggunakan Qiwii kita bisa mendapatkan kemudahan-kemudahan. Yang paling utama tentu saja waktu menunggu bisa dipangkas secara signifikan. Kita tak perlu datang ke tempat tujuan kita untuk ambil nomor antrian, sebab antrian dapat diambil langsung dari HP kita. Dengan aplikasi Qiwii, kita bisa memonitor pergerakan antrian secara real time. Oh ya, karena aplikasinya ada di HP kita, maka kita dapat mengambil antrian dari mana saja. Sambil menunggu di rumah, pekerjaan lainnya bisa diselesaikan dengan nyaman.

nah yang ndak mau kehilangan waktu disebabkan ngantri, segera dowload aplikasinya di PlayStore.

Bagaimana cara menggunakannya?

Setelah anda mengunduh Qiwii, maka akan muncul tampilan home seperti gambar di bawah.

langkah selanjutnya anda tinggal pilih, layanan mana yang anda perlukan. misalnya layanan kesehatan.

pilih puskesmas Ibrahim Adjie (misalnya) lalu ikuti petunjuknya hingga mendapatkan nomor antrian.

Bagi pemilik bisnis, Qiwii juga bisa jadi asisten untuk meningkatkan kapasitas bisnis. Aplikasi Antrian Qiwii akan lebih memudahkan pemilik bisnis dalam penganturan antrian konsumen. Dengan menggunakan aplikasi Qiwii ini, jug akan mendapat promosi gratis dari Qiwii. Kemudahan booking dan kepastian antrian akan meningkatkan kepuasan konsumen.

Bagi tempat-tempat yang sudah ramai, penggunaan Qiwii jelas akan sangat membantu. Pemilik bisnis pun tak perlu menyediakan tempat lebih untuk ruang tunggu, karena konsumen bisa menunggu dimana saja dan ketika mendapat giliran pelayanan, akan ada pemberitahuan di aplikasi bagi para konsumen. Dengan begitu, konsumen datang hanya saat akan dilayani, tanpa perlu menunggu berjam-jam di ruang tunggu menunggu antrian.

Pengguna Qiwii Busines juga disedikan tool analisis bisnis. Tool ini berfungsi untuk memantau dan mengevaluasi jalannya bisnis. Jika kesalahan atau kekurangan dalam pelayanan diketahui akar masalahnya, maka pengelola bisa dengan cepat memperbaiki dan meningkatkan layanan. Contohnya rata-rata waktu pelayanan perbulan bisa dipantau lewat aplikasi oleh pemilik bisnis. Jika waktu pelayanan dinilai lambat dan membuat konsumen merasa kurang nyaman pengelola bisa langsung memperbaiki pelayanannya. keren kan?

 

 

 

fajr muchtar

Suka traveling ke mana saja, Reviewer, pencinta kuliner. bisa dihubungi lewat : Kontak : 081317655393 twitter/IG @fxmuchtar ~e-mail : fxmuchtar@gmail.com ~Facebook : facebook.com/fxmuchtar

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Comments