Templates by BIGtheme NET

Serasa memiliki pantai pribadi di Liang Kareta Selayar

Saya pernah menyesal berkali-kali ke Selayar tapi tidak rajin menjelajahi pantai-pantainya. Sungguh. Setelah melihat pantai landai  berpasir putih, airnya yang jernih, ikan-ikan berwarna warni, saya jatuh cinta sama Selayar.Ya bagaimana tidak jatuh cinta, Selayar itu selain indah juga merupakan kampung halaman bapak.
Boleh lah dibilang Pulau Selayar adalah salah satu pulau terindah di Indonesia. Sumpah. Bukan karena bapak saya yang orang selayar itu. Banyak keindahan panorama alam, sejarah dan orang-orang yang menempatinya yang layak untuk diceritakan.
Selayar adalah kabupaten di ujung Provinsi Sulawesi Selatan yang menahbiskan dirinya sebagai Kabupaten Kelautan. Wajar saja karena kabupaten ini terdiri dari ratusan pulau-pulau. Pulau terbesarnya tentu saja Pulau Selayar. Karena merupakan kabupaten kelautan maka banyak sekali potensi laut yang masih belum tergali.
Salah satu pantai yang ingin saya ceritakan adalah pantai Liang Kareta di sebelah barat pulau Gusung. Jalan-jalan dan berkunjung ke pantai ini seperti memiliki pantai sendiri.
Untuk bisa mencapai pantai indah berpasir putih itu kita mesti menyewa joloro, sampan motor kecil yang muat 5-8 orang. Tak perlu khawatir harganya cukup murah kok 200-300 ribu rupiah. Dengan harga semurah itu, tukang joloro akan dengan senang hati mengantarkan kita ke tempat tujuan dan menunggu sampai kita puas bermain di Liang Kareta.
Sebelum berangkat ke Liang Kareta, jaga kondisi tubuh agar tetap fit. Perjalanan yang cukup lama dari kota Benteng ke bagian barat Pulau Gusung cukup jauh. Setelah makan yang cukup dan membawa perbekalan, jangan Lupa minum dulu Liang Teh Cap Panda agar terhindar dari mabuk laut. Apalagi bila sebelumnya mengonsumsi makanan berlemak, kurang minum air putih, jarang makan sayuran.
Penduduk Selayar yang lebih sering makan ikan dan kurang menyantap sayuran, ditambah lagi dengan cuaca pantai yang panas menyengat merupakan beberapa penyebab timbulnya panas dalam. Untuk mengegah panas dalam dan kegiatan bersuka ria di pantai tidak terganggu, minum dulu Liang Teh Cap Panda.
Liang Teh Cap Panda dibuat dari bahan- alami yang berkhasiat seperti, liquorice, chrysanthemum, honeysuckle, mesona palustris, dan plumaria lubra sudah dikenal masyarakat tradisional sebagai herbal penambah stamina dan  menghilangkan panas dalam tanpa memberikan efek samping. Enak lho, apalagi diminum dalam kondisi dingin.
Setelah segala persiapan beres tujuan awal saya meminta untuk menuju spot snorkeling yang tak jauh dari pantai Kota Benteng. Sampai di spot snorkeling saya sempat kecewa karena tukang joloro tidak mengetahui spot snorkeling yang tahun lalu saya selami. Dan ternyata beberapa teman dan saudara saya masih belum nyaman menggunakan snorkel dan masker ditambah dengan pelampung. Akhirnya diputuskan untuk segera ke Liang Kareta.
Pantai itu memang keren. Terpencil dari rumah penduduk membuatnya tetap cantik dan elok. Pantai Liang Kareta yang dengan bentangan pasir putih sepanjang 50 m siap menanti siapa saja yang mengunjunginya.
Setelah sampai tempat landai, saudara-saudara saya segera berloncatan, menumpahkan kegembiraan dan kehebohannya di pantai yang berpasir putih bersih itu. Maklum saja, seumur hidup mereka belum pernah melihat pantai seindah Liang Kareta.
Namun jangan terbuai keindahannya saja. Perlu juga berhati hati karena di pantai ini sering didapati pecahan kaca dan botol yang terbawa arus entah dari mana. Di pantai ini juga tidak tersedia WC. Jadi para pengunjung yang mau datang ke sini mesti memperiapkan dirinya. Kalau kebelet pipis ya tinggal lari ke pantai dan buang pipis di situ. Kalau mau BAB ya tinggal pintar saja cari batu sembunyi dan buang hajat di situ.
Setelah puas bermain di pantai, segera pulihkan lagi tubuh agar kembali fit. Dalam kondisi seperti ini, Liang Teh Cap Panda sarang burung sangat pas untuk menyegarkan tubuh. Rasa yang segar dan buliran sarang burung yang enak bisa membuat tubuh kita fit setelah aktifitas di Pantai  Liang Kareta. Dengan kondisi badan seperti itu, perjalanan meninggalkan Liang Kareta menjadi perjalanan yang tak akan pernah dilupakan.

Lokasi Pulau Gusung
Nemo di perairan Gusung Selayar
Snorkeling di perairan Gusung
Private Beach? Bukan. Ini Gusung.
Lost in Liang Kareta

(Visited 9 times, 1 visits today)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful