Templates by BIGtheme NET

Talegong Itu Ternyata Indah lho

Nyubuh di Talegong… menyaksikan jalan raya yang sepi
Sebagai salah satu kecamatan di Garut, ternyata Talegong memiliki potensi yang luar biasa. Keindahan alamnya bisa membius siapa saja yang melewati jalurnya. Perkebunan teh yang hijau menghampar, jalan berkelok-kelok dan aliran sungai berair jernih merupakan beberapa keindahan yang kerap ditemui.Sebelum tahun 1983, Kecamatan ini masih merupakan salah satu desa dari kecamatan Cisewu. Baru pada 26 Desember 1983 Talegong menjadi kecamatan sendiri.Dari segi penamaan, menurut para sepuh Talegong berasal dari kata seorang tetua yang mengatakan bahwa satu saat nanti tempat ini akan menjadi Taraje Lega nu ngaGoong (bersuara nyaring) sehingga walaupun wilayah ini merupakan perbukitan yang terjal kedepan akan menjadi wilayah yang banyak didatangi oleh manusia yang tinggal di wilayahnya dan akan menjadi pusat pemerintahan sebagaimana induknya.
liuk meliuk jalan di Cisompet
Ada juga yang menyebutkan bahwa nama Talegong berasal dari “TALI GOONG” karena pada sebuah tempat di Kampung Sawah Jeruk terdapat sebuah pohon kiara besar yang bernama Kiara Goong yang pada waktu-waktu tertentu sering terdengar bunyi bende/goong yang dipukul sehingga mengeluarkan bunyi yang cukup keras dan dapat didengar oleh masyarakat sekitar kampung tersebut, sehingga kampung tersebut lebih dikenal dengan sebutan “Kampung Talegong”.Talegong sekarang semakin ramai dan sering dijadikan sebagai jalan alternatif untuk ke Garut Selatan. Jalan dari Pangalengan sampai ke Talegong terbilang mulus dan lebar. Saking mulusnya, jalan di Talegong pernah dijadikan even kejuaraan longboard International.Keberadaan perkebunan teh Cukul menjadikan wilayah pegunungan ini semakin menarik untuk dikunjungi. Memang kemudian lampu penerangan dan rambu-rambu mesti dilengkapi. Ditambah lagi monitoring jalan yang sering longsor menjadi tantangan sendiri.
Rumah Jerman di Cukul
Villa Berdarah yang dikenal dengan Rumah Jerman menjadi salah satu tempat yang dikunjungi. Keindahan rumah perkebunan khas jerman di tengah kehijauan kebun teh dan danau itu layak untuk dinikmati. Sayangnya setelah dimiliki oleh satu pabrik teh, agak susah untuk bisa masuk ke rumah tersebut.
Selain Lansekap alamnya yang indah, Kehidupan masyarakatnya juga layak untuk dicermati. Kalau di Bandung kehidupan terasa sangat cepat berputar, di Talegong, ritme hidup terasa lebih lambat dan senyap. Bagi penyuka keheningan, bermalam di Talegong itu mengasyikan.
Saya lihat masih banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di Talegong ini. Tinggal pemangku kebijaksanaan di sana yang mesti arif meneliti apa saja potensi alam dan masyarakat yang bisa dijadikan sebagai daya tarik wisata sehingga Talegong bisa menjadi magnet wisata di Jabar Selatan.
(Visited 21 times, 1 visits today)

Comments

comments

2 comments

  1. kok nggak mampir ke kadungora?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful