Templates by BIGtheme NET

XL, Future Leaders Ingin menciptakan Leaders bukan Workers

Blogger Meet Up XL Future Leaders (Dok http://twinkle-euisry.blogspot.com)

“ini acaranya apa sih?” Tanya saya sama Bang Aswi. “XL, mah biasanya acaranya santai-santai aja. Paling makan, ramah tamah trus pulang” kata Bang Aswi. Saya manggut-manggut aja kayak lele. Memangya ikan lele suka manggut manggut ya?

Seorang pelayan cantik, menyodorkan Secarik kertas berisi menu makan siang. Ah, bener. Acaranya makan-makan. Saya pilih deep baked potato (?), chiken griled dan juice strawberry. Dua menu terakhir sama dengan yang saya pesan. Menu pertama tak pernah datang berganti dengan nachos.

Setelah makan-makan, Seorang wanita muda memandu acara dan memperkenalkan beberapa karyawan XL yang rata-rata sangat muda. Beberapa yang hadir, Mbak Turina (VP Corporate & Communications), Kang Dipta, plus Mas Navajo (fasilitator XL FL bidang community, education, & business) dan Bisma (alumni XL FL dari jurusan Astronomi ITB) yang turut berbagi pengalaman.

Chiken Griled yang enak sekali…

Menurut Kang Ahmad Pradipta,  XL Future Leaders adalah program pendidikan soft skill untuk melatih jiwa kepemimpinan yang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa. Berbekal kemampuan akademis dan kemampuan soft skill seperti yang diajarkan dalam program Feature Leader ini, mereka akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan, termasuk bersaing dengan dalam merebut posisi-posisi penting di berbagai bidang.

Yang melatarbelakangi program ini adalah, banyaknya mahasiswa yang kemampuan akademisnya tinggi, namun memiliki kekurangan dalam hal komunikasi. Demikian pula banyak kasus mahasiswa yang brilian namun terkendala latar belakang finansial untuk membiayai pendidikannya. Di sisi lain, kalau berkaca pada kondisi di tanah air, masih banyak orang bermind-set “sekolah untuk bekerja”. Kenyataan pahit lainnya, dari sekian banyak perusahaan yang ada di Indonesia, posisi leader masih banyak ditempati oleh orang asing.

Untuk mewujudkannya, XL Future Leaders membuat tiga kompetensi utama. Tiga kompetensi utama yang dimaksud adalah :

  1. Komunikasi Efektif sebagai kunci sukses para pemimpin dalam menyampaikan pendapat dan bernegosiasi;
  2. Jiwa Kewirausahaan dan Inovasi termasuk kepekaan dalam melihat peluang yang akan mengantar pada keuntungan ekonomis;
  3. Kemampuan Mengelola Perubahan yang di antaranya mampu beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan menjadikan hal ini sebagai peluang emas untuk dimanfaatkan.

Tiga kompetensi pemimpin masa depan itu kemudian dikelompokan pada empat program yaitu:

  1. Global Thinking Class.
  2. E-Learning.
  3. Scholarship Camp.
  4. BOD Challenge.

Siapa sajakah yang bisa mengikuti program XL Future Leaders ini? Mereka adalah para mahasiswa di tahun pertama dan kedua dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang akan mendapatkan pendidikan ekstra selama 2 tahun. bagi yang ingin mendaftarkan diri, silahkan dilihat syaratnya di Xl Future Leaders.

Beasiswa XL Future Leaders diberikan selama setahun khusus bagi mahasiswa kurang mampu dengan nilai akademis tinggi. Tidak hanya itu, kandidat terpilih juga mendapatkan materi kepemimpinan dan kewirausahaan yang diadakan setiap 6 bulan sekali. Salah satunya merasakan menjadi CEO XL Axiata selama seminggu.

Buat yang bukan mahasiswa yang ingin belajar soft skills. E-Learning itu platform online untuk pembelajaran kepemimpinan, XL juga punya program E-Learning yang bisa diunduh siapa saja secara gratis. Materi pembelajaran diadaptasi dari kurikulum New Zealand. E-learning ini dilaunching pada 20 Mei 2015 di acara roadshow XL FL di ITB. Platform E-Learning ini bisa diakses di elearn.xlfutureleaders.com.

Mbak Turina menegaskan bahwa Program XL Future Leaders ini bukan program perekrutan pegawai XL. Setelah masa pendidikan selesai, mahasiswa-mahasiswa tersebut tidak diberi tanggungan apapun. Mereka bebas melakukan passionnya. Seperti Bisma yang kemudian berkecimpung dalam bidang waste management. Kang Pradipta kemudian menguncinya dalam kalimat yang menarik, “Komitmen XL Future Leaders adalah mencetak future leaders, bukan future workers”.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful