Templates by BIGtheme NET

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Yamaha bisa berbangga karena Yamaha YZF-R25 dan YZF-R15 menjadi motor sport paling diminati konsumen Indonesia. Untuk Yamaha R25 saja dalam waktu 25 jam penjualan onlien sudah mencapai 2.600 unit. Sedangkan Yamaha R15 dalam waktu satu hari inden online, langsung terpesan 1.500 unit.
Dalam hal ini Yamaha Indonesia menggunakan Strategi pemasaran melalui media online untuk Yamaha R25 dan R15 yang terbukti membuahkan hasil yang manis 

Selain keunggulan spesifikasi motornya, salah satu kunci sukses pencapaian Yamaha dalam pertarungan sport di Indonesia adalah dengan kekuatan jaringan layanan purna jual premium yang disiapkannya. Yamaha Indonesia telah menyiapkan 1.000 lokasi dealer “R-Shop” di seluruh Indonesia.

R-Shop merupakan Dealer khusus untuk melayani semua line produk R-Series, antara lain R15, R25, R6, sampai R1. Segmen ini memang disediakan untuk melayani konsumen motor premium ini yang memiliki karakter khusus dan unik. 
Yamaha Indonesia juga sangat serius menggarap pasar motor sport di Indonesia. Hal ini terbukti dengan  dipilihnya Indonesia sebagai tempat peluncuran perdana R25. Selain itu, Indonesia juga akan menjadi tempat perakitan motor premium ini. 
Ya, Yamaha R25 merupakan produk global yang perakitannya telah dilakukan di Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), 
Menurut saya, pilihan itu merupakan pilihan yang bijak dan tepat sararan. Mengingat pasar motor di Indonesia yang sangat besar, sehingga perlu dimanjakan dengan berbagai kemudahan. Dengan adanya pabrik di Indonesia, maka ketersediaan suku cadang akan lebih terjamin. Tak perlu menunggu suku cadang dari Thailand atau singapura. Dengan demikian harga suku cadangpun akan lebih murah. 

Spesifikasi Unggulan R25

Yamaha YZF-R25 terlahir dari pengetahuan, pengalaman, passion team Yamaha yang telah teruji selama puluhan tahun di dunia balap internasional. Dari team berpengalamam itulah, R25 terlahir dan mengadopsi keunggulan supersport yang dimiliki YZR-M1. Maka Yamaha R25 ini sering disebut juga sebagai Baby M1.

DNA YZR M1 memang mengalir deras dan jelas pada tampilan R25. Hal itu bisa terlihat secara jelas dari pilihan Mass forward silhouette design Yamaha R25 yang langsung mengingatkan pada M1. Selain itu, motor ini juga dibekali “wajah” predator headlight dengan sporty air duct di tengahnya. Sangat berkarakter dan lincah. 

Bagian buntut meruncing dengan lampu tipe LED yang terang dan memberikan keamanan plus. Bagian buntut yang meruncing dimaksudkan untuk meningkatkan akselerasi Yamaha R25.

Ciri R Series pun tak lupa disematkan. Full fairing multi layer yang ada pada kanan dan kiri bodynya menunjukan kelas sebagai superbike yang tangguh. Bentuk tangki bensin dibuat lebih meninggi sehingga dapat menampung bensin sebanyak 14.3 L. 
Yamaha R25 memiliki riding position yang nyaman. Bentuknya yang terlihat agresif dipadukan mesinnya yang gahar makin membuatnya semakin jauh di depan. Yamaha R25 juga lincah dipakai manuver di jalanan macet. Hal ini karena Yamaha R25 memiliki turning angle 34 derajat yang berguna pada saat terjebak kemacetan dan memiliki celah menikung untuk dimasuki.
Bagaimana dapur pacunya?

Dilihat dari speknya, mesin pacu R25 ini sangat mumpuni. Pada R25 dibenamkan Superior Engine – Mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang dan juga memiliki system pendingin cairan. 

Teknologi khas Yamaha DiASil Cylinder dan Forged piston yang telah teruji ketahanannya tak juga disematkan pada kuda tunggang ini sehingga mampu membuat pengendaranya melesat dengan kecepatan tinggi dalam beberapa detik saja. Angka 195 km/jam bisa saya dapatkan beberapa detik saja saat menggeber R25 di atas dynometer.
Mesin Yamaha R25 dapat menghasilkan tenaga maksimal sebanyak 26.5 kW atau 36 PS, sedangkan torsi maksimal yang dapat dihasilkan 22,6 Nm pada 10.000 RPM. Yamaha R25 sudah menggunakan Fuel Injection yang membuat motor ini memiliki performa maksimal tapi irit bahan bakar. Transmission constant mesh 6 speed juga terpasang dalam mesin Yamaha R25 ini sehingga membuat mesin dari motor sport ini sangat stabil saat dibawa. 

Hal itu tak lepas dari teknologi rancang bangun yang dipasang pada R25 ini. Mesin yang gahar, dipadukan dengan Diamond frame yang kokoh dan suspensi depan dengan diameter inner tube 41 mm, suspensi belakang bertipe monocross, long asymmetric rear arm, mid ship muffler sebagai pusat dari gravitasi membagi bobot motor yang 166 kg itu pada tapak ban dengan seimbang, yakni 50%:50% sehingga pengendalian lebih stabil. 

Tak perlu khawatir rangka motor kena karat karena rangka R25 sudah melewati 2 kali pelapisan coating dan juga electrodeposition coating untuk lapisan dasar dan dibalut lapisan atas yang membuatnya lebih tahan lama.

Sayangnya system rem Yamaha R25 ini belum menggunakan system ABS. Untuk system rem, kedua rodanya dikawal rem tipe disk brake. Di roda depan, cakramnya 298 mm semi-floating dijepit kaliper 2 piston. Sedang yang belakang cukup satu piston. 

Kelebihan lainnya, semua informasi motor bisa dimonitoring pada panel motor yang informatif. Supersport speedometer yang dipasangkan pada Yamaha R25 dapat menyajikan informasi penting kepada pengendara. Pengendara pun bisa mengaturnya sesuai dengan kebiasaan atau keinginannya. Informasi yang ditampilkan speedometer adalah shift timing indicator light, gear position, fuel consumption indicator, oil changing indicator, trip meter, FI diagnostic, temperatur mesin, & penunjuk waktu. (Multifunction meter).

Dengan panel informatif seperti ini, penunggang bisa mengetahui kondisi motornya secara global namun sangat bermanfaat. 
Yamaha mengeluarkan tiga pilihan warna untuk YZF-R25 yaitu racing blue (biru), predator black (hitam), dan diablo red (merah), yang semuanya dibanderol Rp. 53 juta on the road (OTR) Jakarta. Tinggal piliha warna mana yang sesuai dengan karaktermu.

Spek Unggulan R15

Walau memiliki DNA Yamaha Vixion, Yamaha R15 diberikan beberapa perubahan yang memunculkan kekhasan R15. Penggunaan fairing yang sporty jelas merubah bentuk vixion. Bentuk fairing dari Yamaha R15 sarat dengan unsur motor sport modern. Lampu belakang juga 

Body R15 memiliki dimensi 1.955 X 660 X 1.070 (P x L x T/mm) dan jarak terendah dengan tanah adalah 160 mm. Dengan dimensi dan berbagai komponen yang ada di motor tersebut, Yamaha R15 memiliki bobot 136 kg. 
Sistem Delta box memberikan tampilan dan bobot yang efisien. Sosok motor sport juga terlihat dari dual lamp yang berada pada headlampnya, sehingga memberikan kesan garang dan mampu memberikan pencahayaan dengan maksimal.
Bagian lampu buritan sudah menggunakan lampu LED yang lebih terang, hemat dan jelas memberikan keamanan untuk pengguna motor ini.

Yamaha R15 dilengkapi dengan Alumunium Swing Arm dengan desain ala Superbike yang maskulin, gagah, dan stabil. Untuk kelas 150 cc, penyematan dengan alumunium swing arm adalah yang pertama kali di Indonesia. Untuk starternya, R15 menggunakan sistem Electric Starter. 

Yamaha R15 ini memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dari Vixion. Mesin R15 dapat mencapai tenaga maksimal 16.83 dk/8.500 rpm dan torsi puncak 15 Nm/7.500 rpm sedangkan Vixion hanya mampu mencapai tenaga 16.43 dk/8.500 rpm dan torsi 14 Nm/7.500 rpm. Tipe mesin dari Yamaha YZF R15 untuk Indonesia sendiri adalah 149,8 cc, 4 langkah, 4 valve SOHC, dan berpendingin cairan silinder tunggal. 
Motor sport Yamaha ini juga sudah berteknologi Fuel Injection yang membuat motor ini memiliki performa maksimal tapi irit bahan bakar. Spesifikasi Yamaha R15 ini juga semakin responsif dengan digunakannya 6 percepatan.
Untuk pilihan warna ada 3 warna yang bisa anda pilih yaitu Midnight Black (hitam dan abu-abu), Supernova Red (Merah-Putih), dan Racing Blue (Biru-Putih). 

Test Ride dan Touring

Pada hari sabtu (20/0714) yang lalu, Kompasiana dan Yamaha Indonesia menggelar acara test ride bareng Kompasianer dan beberapa komunitas motor di Jakarta. Kompasianer Putu mengungkapkan perasaannya ketika berhasil melakukan test ride R25 ini, “Saat speed test, jantung ini berdebar-debar melihat speedometer yang menunjukkan angka 196 km/jam. Bukan karena takut ditilang, tetapi karena excited bisa merasakan sensasi MotoGP”

Sementara itu Kompasianer Dizzman mengatakan, “Saat baru menaiki motor terasa sekali beratnya, namun bila sudah digas malah terasa lebih ringan dari motor matik sekalipun. Karena setelan gasnya cukup kencang, penulis lebih sering menginjak pedal rem untuk mengimbangi akselerasi gas terutama saat zig-zag. Namun demikian zig-zagnya masih terasa ringan walaupun bobot motornya berat, asal pedal gas dan rem serta kopling dimainkan dengan seimbang”.
Kalau Kompasianer Rahmat Hadi mengungkapkan keinginannya untuk melakukan touring menggunakan R25 ini, “Tak terasa lintasan 2 lap yang diijinkan terasa sangat kurang buatku. Andai di izinkan, ingin rasanya aku melakukan test ride keliling Alam Sutera atau mungkin keliling Jawa sekalian…hehehe. “

Berbeda dengan R25, Yamaha R15 sudah mengalami test touring yang dilakukan oleh Komunitas R15 Bandung. Untuk menjajal tunggangan kesayanganya, komunitas ini mengadakan touring 5 kota. Touring ini melewati dan berkunjung di 5 Kota di daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta. Tentu saja dengan track yang lebih bervariasi pula. Dari jalanan mulus, naik-turun, berlubang, dan macet.

Riyansyah, ketua umum R15 Bandung berkomentar mengenai touring ini, “walaupun ini motor design dan riding positionnya racing banget, tapi selama kita berkendara dengan teknik yang baik gak terlalu berasa pegal walaupun menempuh perjalanan PP hampir 400km. Dan yang amazing buat saya dengan metode empty-to-empty bahan bakar yang dikeluarkan hanya sekitar 8 liter saja untuk menempuh touring ini, untuk kelas motor sport ini sih irit banget”
Sementara itu, Irman sebagai wakil ketua umum juga ikut berkomentar “tentunya kita sebagai club motor harus mempunyai visi misi yang baik, kita gak cuma sekedar jalan-jalan aja tapi ada misi yang dibawa. Selain menjadi pelopor safety riding dan menjadi pengguna jalan yang memiliki attitude juga kita ingin menjalin silaturahmi dengan pengguna R15 di kota lainnya, khususnya pengguna R15 yang tergabung dalam YR15CI”.

Namun Yamaha Indonesia tidak boleh jumawa, karena pertarungan belumlah usai. Kompetitor di segmen motor sport lainnya pasti tidak akan tinggal diam melihat geliat gahar pabrikan Garpu Tala ini menggerus pangsa pasar mereka. 

Yamaha harus terus memberikan pelayanan terbaik buat konsumen R15 dan R25 agar jangan sampai mereka pindah “agama” dan minggat karena tidak mendapatkan pelayanan terbaik dari Yamaha.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful